tugas orgaisasi dan arsitektur komputer (pertemuan ke-3)

Sistem Memory

 

Memori (atau lebih tepat disebut memori fisik) merupakan istilah generik yang merujuk padamedia penyimpanan data sementara pada komputer. Setiap program dan data yang sedang diproses oleh prosesor akan disimpan di dalam memori fisik. Data yang disimpan dalam memori fisik bersifat sementara, karena data yang disimpan di dalamnya akan tersimpan selama komputer tersebut masih dialiri daya (dengan kata lain, komputer itu masih hidup). Ketika komputer itu direset atau dimatikan, data yang disimpan dalam memori fisik akan hilang. Oleh karena itulah, sebelum mematikan komputer, semua data yang belum disimpan ke dalam media penyimpanan permanen (umumnya berbasis disk, semacam hard disk atau floppy disk), sehingga data tersebut dapat dibuka kembali di lain kesempatan. Memori fisik umumnya diimplementasikan dalam bentuk Random Access Memory (RAM), yang bersifat dinamis(DRAM). Mengapa disebut Random Access, adalah karena akses terhadap lokasi-lokasi di dalamnya dapat dilakukan secara acak (random), bukan secara berurutan (sekuensial). Meskipun demikian, kata random access dalam RAM ini sering menjadi salah kaprah. Sebagai contoh, memori yang hanya dapat dibaca (ROM), juga dapat diakses secara random, tetapi ia dibedakan dengan RAM karena ROM dapat menyimpan data tanpa kebutuhan daya dan tidak dapat ditulisi sewaktu-waktu. Selain itu, hard disk yang juga merupakan salah satu media penyimpanan juga dapat diakses secara acak, tapi ia tidak digolongkan ke dalam Random Access Memory.

  1. A. Klasifikasi Memori
  2. 1. Utama :

RAM

Memori akses acak (bahasa Inggris: Random access memory, RAM) adalah sebuah tipepenyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. Ini berlawanan dengan alat memori urut, seperti tape magnetik, disk dan drum, di mana gerakan mekanikal dari media penyimpanan memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan. Pertama kali dikenal pada tahun 60’an. Hanya saja saat itu memori semikonduktor belumlah populer karena harganya yang sangat mahal. Saat itu lebih lazim untuk menggunakan memori utama magnetic. Perusahaan semikonduktor seperti Intel memulai debutnya dengan memproduksi RAM , lebih tepatnya jenis DRAM. Biasanya RAM dapat ditulis dan dibaca, berlawanan dengan memori-baca-saja (read-only-memory, ROM), RAM biasanya digunakan untuk penyimpanan primer (memori utama) dalam komputer untuk digunakan dan mengubah informasi secara aktif, meskipun beberapa alat menggunakan beberapa jenis RAM untuk menyediakan penyimpanan sekunder jangka-panjang. Tetapi ada juga yang berpendapat bahwa ROM merupakan jenis lain dari RAM, karena sifatnya yang sebenarnya juga Random Access seperti halnya SRAM ataupun DRAM. Hanya saja memang proses penulisan pada ROM membutuhkan proses khusus yang tidak semudah dan fleksibel seperti halnya pada SRAM atau DRAM. Selain itu beberapa bagian dari space addres RAM ( memori utama ) dari sebuah sistem yang dipetakan kedalam satu atau dua chipROM.

Cache

Tembolok (Inggris: ‘cache’) dalam teknologi informasi adalah mekanisme penyimpanandata sekunder berkecepatan tinggi yang digunakan untuk menyimpan data / instruksi yang sering diakses. Memori cache dimaksudkan untuk memberi kecepatan memori yang mendekati memori yang paling cepat yang bisa diperoleh, dan pada waktu yang sama menyediakan kapasitas memori yang besar dengan harga yang lebih murah dari jenis-jenis memori semikonduktor. Cache berasal dari kata cash. Dari istilah tersebutcache adalah tempat menyembunyikan atau tempat menyimpan sementara. Sesuai definisi tersebut cache memori adalah tempat menympan data sementara. Cara ini dimaksudkan untuk meningkatkan transfer data dengan menyimpan data yang pernah diakses pada cache tersebut, sehingga apabila ada data yang ingin diakses adalah data yang sama maka maka akses akan dapat dilakukan lebih cepat.Cache memori ini adalahmemori tipe SDRAM yang memiliki kapasitas terbatas namun memiliki kecepatan yang sangat tinggi dan harga yang lebih mahal dari memori utama. Cache memori ini terletak antara register dan RAM (memori utama) sehingga pemrosesan data tidak langsung mengacu pada memori utama.Cara kerja cache yaitu jika prosesor membutuhkan suatu data, pertama-tama ia akan mencarinya pada tembolok. Jika data ditemukan, prosesor akan langsung membacanya dengan delay yang sangat kecil. Tetapi jika data yang dicari tidak ditemukan,prosesor akan mencarinya pada RAM yang kecepatannya lebih rendah. Pada umumnya, tembolok dapat menyediakan data yang dibutuhkan oleh prosesor sehingga pengaruh kerja RAM yang lambat dapat dikurangi. Dengan cara ini maka memory bandwidth akan naik dan kerja prosesor menjadi lebih efisien. Selain itu kapasitas memori cache yang semakin besar juga akan meningkatkan kecepatan kerjakomputer secara keseluruhan. Dua jenis tembolok yang sering digunakan dalam duniakomputer adalah memory caching dan disk caching. Implementasinya dapat berupa sebuah bagian khusus dari memori utama komputer atau sebuah media penyimpanan data khusus yang berkecepatan tinggi. Implementasi memory caching sering disebut sebagai memory cache dan tersusun dari memori komputer jenis SDRAM yang berkecepatan tinggi. Sedangkan implementasi disk caching menggunakan sebagian dari memori komputer.

CAM

Computer-aided manufaktur (CAM) adalah penggunaan perangkat lunak komputer untuk mengontrol peralatan mesin dan mesin yang terkait dalam pembuatan benda kerja. Ini bukan definisi hanya untuk CAM, tetapi yang paling umum. CAM juga bisa merujuk kepada penggunaan komputer untuk membantu dalam semua operasi dari sebuah pabrik manufaktur, termasuk perencanaan, manajemen transportasi, dan penyimpanan. Tujuan utamanya adalah untuk membuat proses produksi yang lebih cepat dan komponen dan perkakas dengan dimensi yang lebih tepat dan konsistensi material, yang dalam beberapa kasus, hanya menggunakan jumlah yang diperlukan bahan baku (sehingga meminimalkan limbah), sekaligus mengurangi konsumsi energi. CAM proses berikutnya setelah dibantu komputer desain dibantu komputer (CAD) dan kadang-kadang komputer-aided engineering (CAE), sebagai model yang dihasilkan dalam CAD dan CAE diverifikasi dapat masukan ke dalam perangkat lunak CAM, yang kemudian mengontrol alat mesin.Secara tradisional, CAM telah dianggap sebagai kontrol numerik (NC) alat pemrograman, dimana model dua dimensi (2-D) atau tiga dimensi (3-D) dari komponen yang dihasilkan dalam CAD perangkat lunak yang digunakan untuk menghasilkan G-kode untuk drive dikontrol secara numerik komputer ( CNC ) mesin alat. Desain sederhana seperti lingkaran baut atau kontur dasar tidak memerlukan mengimpor file CAD. Seperti dengan lainnya “Computer-Aided” teknologi, CAM tidak menghilangkan kebutuhan bagi para profesional yang terampil, seperti insinyur manufaktur , programer NC, atau teknisi .CAM, pada kenyataannya, memanfaatkan baik nilai dari para profesional manufaktur paling terampil melalui alat produktivitas canggih, sambil membangun keterampilan profesional baru melalui alat visualisasi, simulasi dan optimasi.

Implementasi Memori Utama

Stack

Dalam ilmu komputer, stack atau tumpukan merupakan sebuah koleksi objek yang menggunakan prinsip LIFO (Last In First Out), yaitu data yang terakhr kali dimasukkan akan pertama kali keluar dari stack tersebut. Stack dapat diimplementasikan sebagai representasi berkait atau kontigu (dengan tabel fix). Ciri Stack :

  • Elemen TOP (puncak) diketahui
  • penisipan dan penghapusan elemen selalu dilakukan di TOP
  • LIFO

Pemanfaatan Stack :

  • Perhitungan ekspresi aritmatika (posfix)
  • algoritma backtraking (runut balik)
  • algoritma rekursif

Operasi Stack yang biasanya :

  1. Push (input E : typeelmt, input/output data : stack): menambahkan sebuah elemen ke stack
  2. Pop (input/output data : stack, output E : typeelmt ) : menghapus sebuah elemen stack
  3. IsEmpty ()
  4. IsFull ()
  5. dan beberapas selektor yang lain

Modular

Modularitas adalah konsep sistem umum, biasanya didefinisikan sebagai sebuah kontinum yang menggambarkan sejauh mana komponen-komponen sebuah sistem dapat dipisahkan dan digabungkan. Hal ini mengacu pada kedua keketatan dari kopling antara komponen, dan sejauh mana “aturan” dari mengaktifkan sistem arsitektur (atau melarang) pencampuran dan pencocokan komponen. Penggunaannya, bagaimanapun, dapat bervariasi oleh konteksnya. Pemrograman modular adalah suatu desain perangkat lunak teknik yang meningkatkan sejauh mana perangkat lunak terdiri dari terpisah, komponen yang disebut modul dipertukarkan dengan memecah fungsi program menjadi modul, masing-masing menyelesaikan satu fungsi dan berisi segala sesuatu yang diperlukan untuk mencapai hal ini. Secara konseptual, modul mewakili pemisahan keprihatinan , dan meningkatkan rawatan dengan menegakkan batas-batas logis antara komponen. Modul biasanya dimasukkan ke dalam program melalui antarmuka .Sebuah antarmuka modul mengungkapkan unsur-unsur yang disediakan dan dibutuhkan oleh modul. The Unsur-unsur yang didefinisikan dalam interface yang terdeteksi oleh modul lainnya. Para implementasi berisi kode kerja yang sesuai dengan elemen dideklarasikan dalam interface.

Virtual

Kata virtual telah diterapkan untuk komputasi dan teknologi informasi dengan berbagai arti. Hal ini digunakan perangkat lunak sistem yang bertindak seolah-olah mereka keras (mesin virtual , memori virtual , virtual disk ), yang dihasilkan komputer simulasi realitas (virtual reality ), dan internet game lingkungan dimana seluruh dunia yang dibuat ( dunia maya ) atau dunia nyata ini dilengkapi dengan gambar virtual ( augmented reality ). Aplikasi lain dari kata ini ditemukan dalam bidang ini terus berkembang cepat, sepertikomunitas virtual , perpustakaan virtual , dan kelas virtual . Motivasi awal untuk menerapkan ‘virtual’ untuk komputer (misalnya, virtualisasi) yang berbagi perangkat yang sebenarnya oleh banyak pengguna dan koordinasi beberapa proses, seperti yang terlihat dengan keberhasilan penggunaan pendekatan mesin virtual. Internet dan teknologi komunikasi dipupuk de-kopling ruang di mana peristiwa terjadi, dan teknologi penyimpanan de-kopling memfasilitasi waktu antara pesan yang dikirim dan diterima.Teknologi ini untuk membangun lingkungan kerja virtual dalam tim, dengan anggota yang mungkin tidak pernah saling bertemu secara pribadi.. Berkomunikasi melalui telepon dan e-mail, dengan produk kerja bersama elektronik, virtual tim menghasilkan hasil tanpa co-terletak. Demikian pula, sebuah dunia virtual adalah jenis hunian didirikan pada teknologi web yang memungkinkan interaksi untuk mengejar, seperti ekonomi dan real estate .

  1. 2. Pembantu :

Pita Magnetik

Pita magnetik yang digunakan untuk menyimpan data komputer dan mempunyai bentuk fisik yang sama dengan pita audio. Media pita magnetik pertama terdiri dari gulungan besar tapi sekarang cartridge lebih disukai karena dapat menyimpan lebih banyak data dan lebih sedikit memerlukan tempat. Sebagian besar sistem komputer mainframe mempunyai 1 atau lebih tape unit dan tape drive yang membaca dan menulis data pita baik dalam bentuk gulungan atau cartridge.

Disk

Disk merupakan suatu alat bantu untuk menyimpan data – data kita selain di memori utama. Disk ini hanya berkapasitas kecil dan tidak begitu besar seperti halnya pada memori utama namun disk ini cukup sangat membantu untuk menyimpan file atau data penting yang harus dibawa.

Floppy Disk

Cakram liuk atau disket (bahasa Inggris: floppy disk) adalah sebuah perangkat penyimpanan data yang terdiri dari sebuah medium penyimpanan magnetis bulat yang tipis dan lentur dan dilapisi lapisan plastik berbentuk persegi atau persegi panjang. Cakram liuk “dibaca” dan “ditulis” menggunakan kandar cakram liuk (floppy disk drive, FDD). Kapasitas cakram liuk yang paling umum adalah 1,44 MB (seperti yang tertera pada cakram liuk), meski kapasitas sebenarnya adalah sekitar 1,38 MB.

Organisasi

Organisasi dari semua memori pembantu ini adalah disk yaitu berupa CD, DVD ataupun yang biasa disebut flashdisk. Semua memori ini digunakan untuk membantu memori utama dalam menyimpan dat-data yang penting. Kegunaan dari memori pembantu ini cukup banyak. Jika data yang penting tersebut harus kita bawa tentunya tidaklah mungkin untuk membawa memori utama, untuk itu kita dapat mempergunakan emori pembantu ini untuk menyimpan data atau file yang akan dibawa.

  1. B. Design Memori

Design memori merupakan suatu susunan dari memori-memori yang ada dalam suatu computer. Susunan memori-memori tersebut menentukan dari penyimpanan-penyimpanan yang dilkukan dalam proses komputerisasi yang dilakukan. Masing-masing memori juga mempunyai tugas masing-masing antara yang satu dengan yang lain tidak sama. Oleh karena itu pentinglah untuk membuat design dari memori tersebut agar memori tersebut dapt melakukan tugasnya dengan baik.

 

2. SISTEM INPUT OUTPUT

 

FUNGSI MODUL I/O

Merupakan peralatan antarmuka (interface) bagi sistem bus atau switch sentral dan mengontrol satu atau lebih perangkat peripheral. Tidak hanya sekedar modul penghubung, tetapi sebuah piranti yang berisi logikadalam melakukan fungsi komunikasi antara peripheral dan bus computer.

Modul I / O merupakan suatu entiti di dalam komputer yang bertanggung jawab atas pengontrol sebuah perangkat eksternal atau lebih dan untuk pertukarandata antara perangkat-perangkat tersebut dengan memori utama dan atau register-register CPU. Jadi, modul I / O harus memiliki interface internal dengan komputer (CPU dan main memori ) dan interface eksternal dengan komputer ( perangkateksternal ).

Fungsi atau persyaratan utama bagi modul I / O dapat dibagi menjadi beberapa kategori seperti di bawah ini :

· Kontrol dan timing

· Komunikasi CPU

· Komunikasi perangkat

· Data buffering

· Deteksi Error

LANGKAH-LANGKAH PENANGANAN I/O

1. CPU meminta modul I / O untuk memeriksa status perangkat yang terhubung.

2. Modul I / O memberikan jawabannya tentang status perangkat.

3. Bila perangkat sedang beroperasi dan berada dalam keadaan siap untuk mengirimkan, maka CPU meminta pemindahan data, dengan menggunakan perintah tertentu ke modul I / O.

4. Modul I / O akan memperoleh unit data ( misalnya, 8 atau 16 bit ) dari perangkateksternal.

5. Data akan dipindahkan dari modul I / O ke CPU.

METODE PENGAKSESAN I/O

Pengaksesan I/O terdiri dari 2 cara :

1. MEMORY MAPPED I/O

Piranti I/O dihubungkan sebagai lokasi memori virtual dimana port I/O tergantung memori utama.
Karakteristik:
– Port I/O dihubungkan ke bus alamat.
– Piranti input sebagai bagian memori yang memberikan data ke bus data. Piranti output sebagai bagian memori yang memiliki data yang tersimpan di dalamnya.
– Port I/O menempati lokasi tertentu pada ruang alamat
dan diakses seolah-olah adalah lokasi memori.

2. I/O MAPPED I/O (I/O ISOLATED)

Piranti I/O dihubungkan sebagai lokasi terpisah dengan lokasi memori, dimana port I/O tidak tergantung pada memori utama.
Karakteristik:
– Port I/O tidak tergantung memori utama.
– Transfer informasi dilakukan di bawah kendali sinyal kontrol yang menggunakan instruksi INPUT dan OUTPUT
– Operasi I/O tergantung sinyal kendali dari CPU.
– lnstruksi I/O mengaktifkan baris kendali read/write pada port I/O, sedangkan instruksi memori
akan mengaktifkan baris kendali read/write pada memori.
– Ruang memori dan ruang alamat I/O menyatu, sehingga dapat memiliki alamat yang sama.
Kelebihan dan kekurangan:
– I/O mapped I/O Iebih cepat dan efisien, karena lokasi I/O terpisah dengan lokasi memori.
– I/O mapped I/O mempunyai keterbatasan jumlah instruksi yang dapat digunakan untuk operasi I/O.

METODE OPERASI I/O

I. I/O TERPROGRAM

Metode di mana CPU mengendalikan operasi I/O secara keseluruhan dengan menjalankan serangkaian instruksi
I/O dengan sebuah program.
Karakteristik:
– Program tersebut digunakan untuk memulai, mengarahkan dan menghentikan operasi-operasi I/O.
– Membutuhkan sejumlah perangkat keras (register)
yaitu:

§ Register status, berisi status piranti I/O dan data yang akan dikirimkan.

§ Register buffer, menyimpan data sementara sampai CPU siap menerimanya

§ Pointer buffer, menunjuk ke lokasi memori di mana sebuah karakter harus ditulis atau dan mana karakter tersebut harus dibaca.

§ Counter data, tempat penyimpanan jumlah karakter dan akan berkurang nilainya jika karakter ditransfer.

– Membutuhan waktu proses yang lama dan tidak efesien dalarn pemanfaatan CPU.

II. I/O INTERUPSI

Metode di mana CPU akan bereaksi ketika suatu piranti mengeluarkan permintaan untuk pelayanan.
Karakteristik:
– Lebih efisien dalam pemanfaatan CPU, karena tidak harus menguji status dari piranti.
– Interupsi dapat berasal dari piranti I/O, interupsi perangkat keras misalnya : timer, memori, power supply, dan Interupsi perangkat lunak misalnya :

§ overflow, opcode/data yang ilegal, pembagian dengan nol.

Ada2 jenis interupsi:

1. lnterupsi maskable

Interupsi yang dapat didisable (dimatikan) untuk sementara dengan sebuah instruksi disable interupsi khusus.

2. Interupsi nonmaskable
Interupsi yang tidak dapat didisable dengan instruksi perangkat lunak.
Metode Interupsi:
– Polling/polled interupt
Berdasarkan urutan prioritas yang telah ditentukan sebelum piranti memerlukan interupsi.
Misal: piranti A dan B mempunyai urutan prioritas A lebih Iebih dulu dari B, maka jika A dan B secara bersamaan memerlukan pelayanan interupsi, maka piranti A akan didahulukan.
– Vector Interupt
Peralatan yang berinterupsi diidentifikasikan secara Iangsung dan dihubungkan routine pelayanan vector interupt.
INTR = Sinyal yang dikeluarkan oleh peralatan.
INTA = Sinyal kendali yang digunakan CPU untuk menyiapkan pelayanan interrupt. Cara yang biasa digunakan dengan metode daisy chain dan encoder prioritas.

III. Direct Memory Access (DMA)

Metode transfer data secara langsung antara memori dengan piranti tanpa pengawasan dan pengendalian CPU.
• Skema transfer blok DMA dual port CPU dan DMA controller mengakses memori utama melalui MAR dan MBR dengan menggunakan sebuah memori utama dual port (2 port).
Port I —-> melayani CPU
Port II —-> melayani DMA controller
• Skema transfer blok DMA cycle stealing (pencurian siklus)
Hanya memerlukan sebuah memori port tunggal dimana CPU dan piranti I/O beradu cepat pada basis asinkron, prioritas utama akan diberikan pada piranti I/O.

TRANSFER DATA

1. Format transfer:

– Paralel : semua bit pada karakter (word dengan panjang tertentu) dikirim secara bersamaan dalam batas waktu yang diberikan.
– Serial : Data dikirim secara berurutan dalam satu saluran.
Transfer data secara paralel lebih cepat daripada secara serial karena saluran transmisinya banyak, kelemahannya kalau terlalu panjang akan terjadi interferensi antar saluran.

2. Mode transfer data:

1. Synchronous mode
Baris kendali digunakan untuk mengsinkronkan waktu pada semua kejadian yang terjadi selama periode waktu tertentu.
Kelemahan:
• Tiap piranti I/O berbeda-beda kecepatan operasinya, sehingga harus diturunkan pada kecepatan yang paling rendah.

2. Asynchronous mode
Menggunakan teknik jabat tangan (hand shaking) untuk menyakinkan transfer data antara pengirim dan penerima tidak ada kesalahan (data valid)

Kelemahan :
– memerlukan lebih banyak kendali
– kecepatan transfer lebih rendah dari yang sebenarnya.
Kelebihan :
– memungkinkan penggunaan piranti I/O yang memiliki berbagai varasi kecepatan dalama system yang sama.

INTERFACING PIRANTI I/O

Defenisi :

Suatu alat yang digunakan untukmenghubungkan suatu piranti dengan CPU melalui BUS.

Fungsi Umum :

Mensinkronkan data transfer antara CPUdan piranti I/O

Fungsi Detail :

· Penyedia status piranti I/O bagi CPU

· Memiliki kemampuan interupsi / DMA

· Mampu me-transfer instruksi CPU ke piranti

· Mampu berfungsi sebagai buufer storage data transfer.

· Mampu melakukan pengujian kesamaan data.

· Mampu men-decode dan mgng-encode data

· Memiliki fasilitas khusus :

· Konversi data paralel-ke-serial dan sebaliknya.

· Encoding karakter ketik ke VDU.

· Encoding karakter ketik tertentu : F1, F2,BACKSPC, DELETE dan sebagainya.

· Menyediakan sinyal status operasi.

Komponen Utama Interface Piranti I/O :

1. Device dependent

bagian yang melayani piranti

2. Device independent

bagian yang menghubungkan unit interface ke bus sistem.

· Struktur Interface Piranti I/O :

1. Register

Ø kendali (CR) mencatat instruksi dan informasi dalam piranti.

Ø Status (SR)mencatat status piranti dan mengeluarkan pesan kesalahan

Ø Data input (IDR) dan data output (ODR) sebagai buffer data untuk operasi input dan output.

2. Bus

Ø Receiver : menangani data input

Ø Transciever : sirkuit bi-directional data menangani input maupun output

Ø driver/buffer bus : sirkuit tri-state yang menyimpan informasi bus.

Sistem Prosesor I/O

General Purpose komputer yang berisi sejumlahsaluran DMA, CPU tersendiri, kumpulan intruksi danmenjalankannya secara paralel pada CPU utama.

Fungsi :

sebagai piranti front end yang menangani setiapaspek I/O, dan menyediakan pengendali I/O khusus yangdisebut I/O Channel.

Instruksi IOP :

1. Instruksi transfer data : untuk Input (pembacaan),output (penulisan) dan untuk membaca informasi status.

2. Instruksi general purpose : instruksi aritmatika, logika,percabangan (konversi, prioritas operasi, evaluasialamat, jump instruksi)

3. Instrusksi kendali : instruksi untuk menangani fungsipiranti I/O khusus yang tidak terlibat dalam transferdata. Contoh : pmemindahkan head R/W untukmenentukan lokasi track dan record pada disk,mencetak pindah baris pada printer, dan-lain-lain.

Format Instruksi IOP :

1. Field opcode : representasi jenis operasi

2. field alamat memori : alamat awal blok memori yangdigunakan untuk transfer.

3. field word count : jumlah word yang harus ditransfer(panjang blok memori).

4. field kendali: untuk fungsi-fungsi piranti I/O khusus.

5. Field status : untuk tujuan komunikasi dan pencatatan

Referensi :

www.scribd.com/doc/32772190/sistem-input-output

suhhen.blogspot.com/2011/12/piranti-io-input-output.html

http://www.scribd.com › Books – Non-fiction › Self-Help

http://www.wikipedia.com

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s